mailonpix.com
Custom Search
Dictionary [...]
Daisypath Anniversary tickers

02 September 2009

menghindar spyware atau adware

Spyware yang juga dikenal dengan nama "adware", adalah semacam program tersembunyi yang berfungsi mengirim informasi mengenai komputer yang terinfeksi melalui komunikasi internet ke si pembuat spyware ini. Biasanya spyware otomatis ter’install’ di komputer kita secara otomatis akibat kita mendownload software tertentu atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs.

Spyware menjadi berbahaya karena saat ini Spyware tidak hanya sebagai pengirim info tersembunyi saja, tapi juga meng’install’ semacam program khusus yang pada akhirnya si pemilik Spyware bisa memata-matai segala aktivitas yang kita lakukan di internet tanpa sepengetahuan kita. Masalah paling besar dengan Spyware adalah kita tidak tahu akan keberadaannya. Bagaimanapun juga, Spyware ini bekerja secara diam-diam dan mengirimkan informasi tanpa kita ketahui .

Jadi bagaimana yang kita mendapat Spyware pada komputer? Dapatkah secara misterius datang sendiri pada komputer kita dan apakah berbahaya hanya dengan browsing internet. Kenyataannya ini semua tergantung kebiasaan kita browsing karena beberapa situs terkadang memiliki ancaman lebih besar dari yang lainnya.

Masalah utama pada ancaman Spyware adalah berasal dari segala arah, dimana kita sudah merasa terlindungi dengan aman.

Mari kita lihat 7 paling sumber umum dari Spyware dan apa yang kita dapat lakukan untuk melindungi sendiri.

1. Situs File Sharing P2P (peer to peer) file sharing telah tumbuh secara dramatis pada beberapa tahun ini yang biasa disebut Torrent' dimana sebagian orang membagi filennya dengan koneksi peer to peer. Ini adalah tempat sempurna untuk hackers dan mata-mata dan mereka dapat dengan mudah memberikan Spyware kepada jutaan pengguna dengan menyisipkannya pada film, musik atau software.
Pastikan file yang anda download sesuai dengan nama filenya, contoh, mp3 file yang anda download sebaiknya berformat mp3.

2. Download music, film atau software merupakan salah satu risiko serius terutama kalau kita download dari situs yang tidak kita kenal/tidak jelas. Untuk lebih aman, pastikan kita download pada situs yang terkenal dan file yang anda download sesuai dengan tipe file yang anda inginkan, jika dalam bentuk rar/zip sebaiknya anda scan dahulu dengan antivirus anda.

3. Situs dewasa adalah salah satu ancaman yang terbesar dimana mereka akan melakukan segala cara dengan tipu dayanya hingga kita ingin mendaftar dengan menggunakan kartu kredit kita. Mereka kebanyakan memakai iklan untuk menarik kita ke dalam keanggotaan mereka.

4. Hampir setiap situs sekarang memiliki Iklan, Jika kita ingin mengklik suatu iklan pada situs sebaiknya kita lihat dan amati benarkah iklan tersebut merupakan iklan yang sedang kita cari, jangan tertipu dengan iklan yang terkadang berupa tombol OK atau play sehingga kita terkecoh untuk memainkannya, dan ternyata iklan tersebut merupakan pancingan terhadap ancaman selanjutnya.

5. Jika kita memasuki suatu situs baru/yang tidak jelas, sebaikanya kita cek terlebih dahulu, apakah situs tersebut bersih, dengan mengecek pada toolbar Internet Explorer atau pun program browsing kita karena ancaman Spyware pun ada bahkan proses penyebarannya akan lebih cepat dari yang kita bayangkan.
Jika situs menawarkan kita untuk menginstall sesuatu yang tidak jelas, sebaiknya jangan kita install, atau pilih no, jika hanya ada 1 tombol saja. Bergegaslah tekan CTRL + ALT + DELETE dan matikan browser anda dengan cara End process atau End Task atau tekan ALT + F4.

6. Walau freeware dan shareware berada di dalam satu konsep besar, ada beberapa hackers yang melucuti sistem dan menciptakan suatu aplikasi palsu yang berisikan Spyware mereka. Jadi pastikanlah anda hanya mendownload Shareware dan free dari situs besar yang terpecaya seperti Downloads.com , Softpedia,com, Tucows.com , dan sebagainya. Lebih berhati-hati akan mendownload file yang bersifat free

7. Tiap hari kita dibombardir dengan surat sampah (e-mail spam) . Kita semua membenci ini, tapi sekali-sekali ada satu e-mail yang sangat memikat dimana membuat kita penasaran untuk melihatnya. Secepat kita membuka e-mail itu, kita telah terkena ke ancaman dari Spyware. Contoh anda menang undian lotere, silahkan klik dibawah ini , dsb.

Terlepas bebas dari semua potensi sumber Spyware tidak mungking. Tidak ada point untuk online jika kita tidak dapat mengambil bagian dalam segalanya yang ditawarkan. Melindungi sendiri dengan satu antivirus dan satu Spyware remover dapat sangat besar mengurangi risiko anda dan bahkan dapat menghapus habis spyware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar